DASAR :

  • Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 5 Tahun 2008 tentang Susunan, Kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi Lembaga Teknis Daerah, BdanPelayanan Perizinan terpadu dan Satuan Polisi Pamong Praja
  • Peraturan Walikota Magelang Nomor 65 Tahun 2011 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Inspektorat 

 

Tugas pokok inspektorat :

yaitu melakukan  pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah, pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan Kota Magelang dan pelaksanaan urusan pemerintahan Kota Magelang

 

Inspektorat Kota Magelang menyelenggarakan Fungsi antara lain :

  1. Perumusan rencana, Kebijakan dan Fasilitasi di bidang pengawasan ;
  2. Pengkoordinasian dan pengarahan dalam penyusunan program pengelolaan keuangan serta urusan umum dan kepegawaian inspektorat;
  3. Pemeriksaan, pengusutan, pengujian, dan penilaian tugas pengawasan
  4. Pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Pengendalian dan pembinaan pelaksanaan operasional lingkup tugasnya;

 

Susunan Organisasi Inspektorat Kota Magelang adalah sebagai berikut :

  1. Inspektur
  2. Sekretariat, meliputi :
  • Sub Bagian Perencanaan
  • Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan
  • Sub Bagian Administrasi dan Umum
  1. Inspektur Pembantu Wilayah I, meliputi :
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pemerintahan
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Kemasyarakatan
  1. Inspektur Pembantu Wilayah II, meliputi :
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pemerintahan
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Kemasyarakatan
  1. Inspektur Pembantu Wilayah II, meliputi :
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pembangunan
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Pemerintahan
  • Seksi Pengawas Pemerintah Bidang Kemasyarakatan
  1. Kelompok Jabatan Fungsional

 

 

Tugas Fugsi Organisasi pada Inspektorat Kota Magelang Meliputi :

  1. Sekretariat,

Sekretariat Inspektorat Kota Magelang mempunyai tugas menyiapkan bahan koordinasi pengawasan dan memeberikan pelayanan administrative dan fungsional kepada semua unsure di lingkungan Inspektorat Kota Magelang. Yang terdiri atas :

  • Sub Bagian Perencanaan

Subbagian Perencanaan mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan dan pengendalian rencana / program kerja pengawasan, menghimpun dan menyiapkan rancangan peraturan perundang-undangan, dokumentasi dan pengolahan data pengawasan.

  • Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan

Subbagian Evaluasi dan pelaoparan mempunyai tugas menyiapkan bahan penyusunan, menghimpun, mengolah, menilai dan menyimpan laopran hasil pengawasan aparat pengawasan fungsional dan melakukan administrasi pengaduan masyarakat seta menyusun laporan kegiatan pengawasan.

  • Sub Bagian Administrasi dan Umum

Subbagian Administrasi dan Umum mempunyai tugas melaksanakan  / melakukan urusan kepegawaian, keuangan, penatausahaan surat menyurat dan urusan rumah tangga.

  1. Inspektur Pembantu

Inspektur Pembantu yang terdiri dari Inspektur Pembantu Wilayah I , II , III mempunyai tugas untuk melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan daerah dan kasus pengaduan. Inspektur Pembantu membawahu wilayah kerja pembinaan dan pengawasan pada Instansi/satuan kerja di lingkungan pemerintah kota,kecamatan dan kelurahan.

  1. Kelompok Jabatan Fungsional
  • Kelompok tenaga fungsional terdiri atas tenaga fungsional auditor dan jabatan fungsional lainnya yang terbagi dalam beberapa kelompok jabatan fungsional sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Kelompok jabatan fungsional mempunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan bidang tenaga fungsional Masing-masing sesuai degan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Jumlah tenaga Fungsional ditentukan sesuai kebutuhan dan beban kerja
  • Jenis dan jenjang tenaga fungsional diatur berdasarkan Peraturan Perundang-undangan