Inspektorat Kota Magelang menempati bangunan di Gedung C Lantai II Komplek Kantor Walikota Magelang, Jl. Jend. Sarwo Edhie Wibowo No. 2 Magelang.

 

 

 

 

 

 

 

         

Inspektorat Kota Magelang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2008 tentang Susunan, Kedudukan dan Tugas Pokok Organisasi, Lembaga Teknis Daerah, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu, dan Satuan Polisi Pamong Praja, sebagai tindak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

Perubahan arah kebijakan pengawasan Sistem Pengawasan Melekat menjadi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sesuai PP Nomor 60 Tahun 2010 tentang SPIP, menuntut peningkatan kapasitas SDM Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) untuk lebih mengedepankan peran sebagai CONSULTING PARTNER dan QUALITY ASSURANCE.

Dalam rangka mengemban tugas pokok melakukan  pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah, pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan urusan pemerintahan, Inspektorat Kota Magelang didukung personil sejumlah 31 (tiga puluh satu) orang, 

A.  DATA PERSONIL

     1.  Menurut Jenjang Jabatan

          -  Eselon II b         :  1  orang

          -  Eselon III a        :  4  orang

          -  Eselon IV a         :  3  orang

          -  Auditor               :  8  orang

          -  P2UPD                :  8  orang

          -  Staf                    :  7  orang

     2.  Menurut Golongan Ruang

          -  Gol. IV c             :  1  orang

          -  Gol. IV b             :  4  orang

          -  Gol. IV a             :  4  orang

          -  Gol. III d             :  6  orang

          -  Gol. III c             :  6  orang

          -  Gol. III b             :  6  orang

          -  Gol. III a             :  1  orang

          -  Gol. II d              :  1  orang

          -  Gol. II b              :  1  orang

          -  Gol. I d               :  1  orang

     3.  Menurut Jenjang Pendidikan

          -  S 2                     :   8  orang

          -  S 1                     :  16  orang

          -  D 3                     :  2  orang

          -  SLTA                   :  4  orang

          -  SLTP                   :  1  orang

B.  DATA INVENTARIS BARANG

     Data Inventarus Barang Inspektorat Kota Magelang Keadaan per 31 Desember 2014, sebagai berikut :

      1.  Tanah

          .  Tanah Bangunan Perumahan/Gedung Tempat Tinggal

             -  Lokasi : Lembah Asri 9 (120 M2)

     2.  Peralatan dan Mesin

          .  Alat Angkutan Darat Bermotor-Kendaraan Dinas Bermotor Perorangan

             -  Mobil (5 unit)

          .  Alat Angkutan Darat Bermotor-Kendaraan Dinas Bermotor Beroda Dua

             -  Sepeda Motor (11 unit)

     3.  Alat-Alat Kantor dan Rumah Tangga

          .  Alat Kantor - Mesin Ketik

             terdiri dari Mesin Ketik (2 unit) dan Mesin Tik Elektrik (1 unit)

          .  Alat Kantor - Mesin Hitung/Jumlah

             terdiri dari Kalkulator (4 unit)

          .  Alat Kantor - Alat Penyimpanan Perlengkapan Kantor

             terdiri dari Alamari Perpustakaan (1 unit), Filing Cabinet Kayu (4 unit), Filing Cabinet (7 unit),

             Almari Kayu (2 Unit), Almari besi (4 unit), Almari Arsip 2 Pintu (4 unit), Rak Besi ( 1 unit)

          .  Alat Kantor - Alat Kantor Lainnya

             terdiri dari White Board (3 buah), Flasdisk 1GB (1 unit) LCD Proyektor (1 Unit), Screen Brite Tripot (1 unit)

             Porforator Besar (1 unit)

          .  Alat Rumah Tangga - Mebelair

             terdiri dari Meja Kursi Tamu ( 3 unit), Meja Tulis (27 unit), Kursi Besi (11 unit), Kursi Kayu (7 unit),

             Kursi putar (17 unit), Kursi Plastik (3 unit), Kursi lipat (6 unit) Kursi Rapat (40 unit), Meja 1 biro (6 unit)

             Meja 1/2 biro (10 unit), Rel Korden (7 unit)

          .  Alat Rumah tangga - Alat Pendingin

             terdiri dari Kipas Angin (2 unit), AC 1,5 PK (11 unit)

          .  Alat Rumah tangga - Alat Rumah Tangga Lainnya

             terdiri dari Lambang Korpri (1 unit), Wireless Sound Sistem (1 unit), Gambar Presiden,

             Gambar Wakil Presiden, Lambang Garuda, Kamera (2 unit) dan Kamera Digital (1 Unit)

          .  Alat Rumah tangga - Alat Pemadam Kebakaran

             terdiri dari Tabung Pemadam Kebakaran ( 3 unit)

          .  Komputer - Personal Komputer

             terdiri dari Komputer PC (15 unit), Laptop (9 unit)

          .  Komputer - Peralatan Personal Komputer

             terdiri dari printer (9 unit)

     4.  Alat Studio dan Alat Komunikasi

          .  Alat Komunikasi - Alat Komunikasi Telepon

             terdiri dari Telephone (1 unit), Mesin Fax (1 unit) dan HT (1 unit)

     5.  Alat Ukur

          .  Alat Ukur - Alat Ukur Lainnya

             terdiri dari Alat Uji Beton (1 unit), Walking Measure (1unit), jangka Ukur (1 unit), Roll Meter (3 unit),

             dan tas Beton

     6.  Alat Keamanan

          .  Persenjataan Non Senjata Api - Alat Keamanan

             terdiri dari CCTV (1 unit)

     7.  Gedung dan Bangunan

          .  Mess/Wisma/Tempat Peristirahatan

             -  Lokasi : Lembah Asri  (54 M2)

     8.  Aset Tetap Lainnya

          .  Buku dan Perpustakaan - Buku Ilmu Sosial

             -  sejumlah 106 jenis

     9.  Aset lainnya

          .  Aset Tak Berwujud 

             -  Sofware Aplikasi SimHp dan Web Inspektorat

C.  NERACA

 

D.  ANGGARAN

     Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 8 Tahun 2014 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2015, Alokasi Anggaran untuk Inspektorat Kota Magelang sebesar Rp. 3.930.373.000,00, terdiri dari :

~  Belanja Tidak Langsung

    - Belanja Pegawai                              Rp. 2.426.427.000,00

~  Belanja Langsung

    - Belanja Pegawai                              Rp.    831.550.000,00

    - Belanja Barang dan Jasa                  Rp.    567.996.000,00

    - Belanja Modal                                  Rp.    104.400.000,00

Adapun perincian program dan kegiatan Inspektorat Kota Magelang Tahun Anggaran 2015 adalah sebagai berikut :

Program Administrasi Perkantoran  
- Kegiatan Penyediaan Jasa Surat Menyurat 3.450.000
- Kegiatan Penyediaan Jasa Komunikasi, sumber daya air  dan Listrik 3.000.000
- Keg. Penyediaan Jasa Pemeliharaan & Perizinan Kend. Dinas/Ops 7.700.000
- Kegiatan Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan 51.710.000
- Kegiatan Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor 2.000.000
- Kegiatan Penyediaan Alat Tulis Kantor 2.990.000
- Kegiatan Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan 4.200.000
- Kegiatan Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Per-UU-an 3.000.000
- Kegiatan Penyediaan Bahan Logistik Kantor 581.000
- Kegiatan Penyediaan Makanan dan Minuman 8.000.000
- Kegiatan Rapat-2 Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah 100.000.000
   
Program Peningkatan Sarana dan Prasarana  
- Pengadaan Perlengkapan Gedung Kantor 15.400.000
- Pengadaan Peralatan Gedung Kantor 89.000.000
- Kegiatan Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Ops. 133.845.000
- Kegiatan Pemeliharaan Rutin./Berkala Peralatan Gedung Kantor 13.070.000
   
Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan keuangan  
- Keg. Penyusunan Lap. Capaian Kinerja & Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD 5.000.000
- Kegiatan Penyusunan Pelaporan Prognosis Realisasi Anggaran 1.600.000
- Kegiatan Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun 1.749.000
- Kegiatan  Penyusunan Rencana Kerja SKPD 2.678.000
- Kegiatan Penyusunan RKA SKPD 13.571.000
- Kegiatan Penyusunan Lakip SKPD 2.853.000
- Kegiatan Penyusunan Renstra SKPD 10.000.000
   
Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH  
- Kegiatan Pelaksanaan Pengawasan Internal secara Berkala 369.154.000
- Kegiatan Penanganan Kasus Pengaduan di Lingkungan Pemerintah Daerah 56.653.000
- Kegiatan Inventarisasi Temuan Pengawasan 21.616.000
- Kegiatan Tindak Lanjut Hasil Temuan Pengawasan 181.389.000
- Kegiatan Koordinasi Pengawasan yang Lebih Komprehensif 62.054.000
- Kegiatan Evaluasi Berkala Temuan hasil Pengawasan 33.283.000
- Kegiatan Evaluasi LAKIP 18.105.000
- Kegiatan Review Laporan Keuangan 24.600.000
- Kegiatan Penelitian LP2P 21.287.000
- Kegiatan Kormonev Inpres No. 5 Tahun 2004 43.944.000
- Kegiatan Pemantauan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2.831.000
- Kegiatan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi 47.253.000
- Kegiatan Validasi Belanja Barang/Jasa dan Belanja Modal 15.556.000
- Kegiatan Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah 60.829.000
- Kegiatan Pelaksanaan Quality Assurance Pengawasan 24.500.000
   
Program Peningkatan Profesionallisme Tenaga Pemeriksa dan Aparatur Pengawasan  
- Kegiatan Pengelolaan Angka Kredit Pejabat Fungsional Auditor 19.495.000
   
Program Penataan dan Penyempurnaan Kebijakan Sistem dan Prosedur Pengawasan  
- Kegiatan Penyusunan Kebijakan Sistem dan Prosedur Pengawasan 11.000.000
 
Program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan media Massa  
- Kegiatan Pengelolaan Website 15.000.000

 

E.  SEJARAH KEPEMIMPINAN INSPEKTORAT