Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara akan melakukan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara elektronik (e-PUPNS). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemutakhiran data PNS secara nasional. Pendataan ini dapat dilakukan melalui aplikasi dari Badan Kepegawaian Negera secara online dimulai sejak 1 September 2015 dan akan berakhir pada Desember 2015. Proses pemutakhiran data ini diawali dengan melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/instansi daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Kegiatan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan berpedoman pada Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 tanggal 22 Mei 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Secara Elektronik Tahun 2015.

        Tujuan dari PUPNS adalah untuk memperoleh data yang akurat, terpercaya dan terintegrasi, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian Aparatur Sipil Negara yang mendukung pengelolaan manajemen Aparatur Sipil Negara sebagai sumber daya aparatur negara dan sebagai pedoman bagi pejabat yang bertanggung jawab di bidang informasi kepegawaian. Selain itu diharapkan dengan adanya e-PUPNS ini dapat membangun kepedulian dan kepemilikan PNS terhadap data kepegawaian pegawai yang bersangkutan. Data yang diperlukan dalam pemutakhiran data PNS ini merupakan seluruh informasi PNS antara lain memuat data riwayat  hidup, riwayat pendidkan formal dan non formal, riwayat jabatan dan kepangkatan, riwayat penghargaan, tanda jasa, atau tanda kehormatan, riwayat pengalaman berorganisasi, riwayat gaji, riwayat pendidikan dan pelatihan, daftar penilaian prestasi kerja, surat keputusan, dan kompetensi. Sehingga beberapa data atau file yang perlu dipersiapkan bagi setiap Pegawai Negeri Sipil antara lain :

  1. Fotocopy SK CPNS
  2. Fotocopy SK Pengangkatan PNS
  3. Fotocopy Konfersi NIP atau Perubahan NIP
  4. Fotocopy Kartu Pegawai
  5. Fotocopy Kartu Pegawai Elektronik
  6. Fotocopy SK Pangkat Awal Sampai Akhir
  7. Fotocopy SK Berkala Terakhir
  8. Fotocopy SK Jabatan Awal Sampai dengan SK Jabatan Akhir
  9. Fotocopy SK Tugas Belajar atau Ijin Belajar
  10. Fotocopy KTP/Kartu Keluarga
  11. Fotocopy NPWP
  12. Fotocopy BPJS /Askes
  13. Fotocopy Ijasah dan Transkip Nilai pada saat diiangkat sebagai CPNS
  14. Fotocopy Ijazah dan Transkip Nilai yang dipakai pada SK Pangkat Terakhir
  15. Daftar Riwayat Hidup
  16. Surat Penilaian Angka Kredit bagi Pejabat Fungsional

        Bagi Pegawai Negeri Sipil yang tidak melakukan Pendataan Ulang melalui e-PUPNS pada tanggal yang telah ditentukan maka konsekuensi yang akan diterimanya dikeluarkan dari database kepegawaian nasional, sehingga pelayanan mutasi pegawai yang bersangkutan tidak akan diproses.

Pastikan Kita Mendaftar dan Terdaftar.

_________________________________________________________________________

Oleh: Sukoariyah Sri Puji Astuti, SE, M.Ec.Dev (Auditor Kepegawaian Muda)